Masjid Megah Berasitektur Unik di Indonesia

Beberapa mesjid megah yang beraksitektur unik di Indonesia, diantaranya yaitu:

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang terletak di kota Semarang, provinsi Jawa Tengah. Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa, Arab dan Yunani. Keunikan yang dimiliki Masjid Agung Jawa Tengah ini yaitu adanya enam payung hidrolik raksasa yang ada di halaman masjid. Masjid Agung Jawa Tengah dibangun di areal seluas kurang lebih 10 hektar, dengan luas bangunan induk seluas 7.669 meter persegi, dan mampu menampung 6000 jamaah. Sedangkan pelatarannya seluas 7500 meter persegi dapat menampung 10 ribu jamaah. Pelataran mesjid ini dilengkapi 6 payung raksasa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis seperti yang ada di Masjid Nabawi di kota Madinah .

Masjid Al Markaz Al Islami Makasar

Masjid Al-Markaz Al-Islami terletak di pusat Kota Makassar. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektare. Bangunannya terdiri atas tiga lantai dengan luas keseluruhan mencapai 6.932 meter persegi. Secara keseluruhan, masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah. Keunikan mesjid ini pada bagian atap Masjid Al Markaz Al Islami itu berciri khas tidak memiliki kubah. Bentuk atap berbentuk kuncup segi empat, seperti atap rumah-rumah tradisional masyarakat Bugis. Al-Markaz Al-Islami adalah auditorium dan masjid terbesar di Kawasan Timur Indonesia.

Masjid Agung Sultan mahmud Badaruddin 2

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II atau biasa disebut Masjid Agung Palembang adalah sebuah masjid paling besar di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Keunikan mesjid ini ada pada puncak Mesjid Agung yang berbentuk atap Mustaka/kepala. Bentuk mustaka yang terjurai ini melengkung ke atas keempat ujungnya menyerupai bentuk atap pada bangunan Cina. Mesjid ini memiliki luas 5.520 m2 dengan daya tampung 7.750 orang.

Masjid Raya Batam Centre

Masjid Raya Batam Centre terletak di Batam Centre. Mesjid ini mempunyai keunikan tersendiri, dimana di dalam masjid tidak ada tiang penyanggah sehingga ruangan di dalam masjid tampak luas. Mesjid ini bercorak arsitektur khas melayu, atapnya berbentuk limas atau tumpang bertingkat yang terbuat dari kayu pilihan berwarna kecoklatan. Mesjid ini memiliki luas lahan 75.000 m2 dengan daya tampung di dalam Masjid 3.500 orang dan kapasitas di luar Masjid 15.000 orang. Masjid Raya Batam Centre ini merupakan masjid terbesar di Batam.

Masjid Raya Sumatra Barat

Masjid Raya Sumatra Barat terletak di Padang. Walaupun mesjid ini masih dalam tahap penyelesaian tapi keunikannya sudah tersebar. Keunikan mesjid ini terletak pada bentuk bangunan yang berarsitektur perpaduan modern dan tradisional rumah adat Minangkabau dengan ciri khas atap runcing. Tempat ibadah yang dibangun pada lahan seluas 40,98 hektar ini setelah selesai akan dapat menampung total 20 ribu jemaah. Bangunan utama masjid ini memiliki luas 18.091 meter persegi. Mesjid ini akan menjadi salah satu tempat ibadah kaum muslim terunik di dunia.

Sebenarnya masih banyak mesjid-mesjid berasitektur unik di Indonesia tapi 5 mesjid ini sengaja dipilih karena disamping megah dan unik juga paling dikenal masyarakat Indonesia.

~ by muchammadelri on April 19, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: