Otak Pas2an, Kerja Rendahan, Berasa Masa Depan Ente Suram?

________________________________________
ane cewe, dan ane mau share ke agan tentang perjalanan hidup bokap ane..
RAHASIA BAPAK

Bapak sy dari kampung.. Lahir di keluarga besar dengan ekonomi yang tidak terlalu baik. Semasa kecilnya, bapak sering bekerja memanjat pohon kelapa, membuat bata, bahkan bertani demi sekolah. Tapi cita – cita bapak ga pernah padam.. Suatu hari, dia melihat mobil2 pribadi yang lewat di depan sawahnya. Saat itu, bapak bergumam: “saya pasti bisa punya mobil seperti itu nanti!”

Lulus SMA, bapak bersikeras pergi ke Jakarta. Berbekal ijazah yang nilainya pas – pasan, bapak melakukan pekerjaan apa saja asal halal. Mulai dari tukang bangunan yang tidur beratap langit, buruh pabrik bagian pengepakan, dll. Tapi cita2 bapak nggak pernah padam.

Bapak pun memutuskan melanjutkan kuliah di Universitas Terbuka Jakarta. Gajinya yang nggak seberapa disisihkan untuk membayar biaya kuliah. Terkadang, perilaku negatif dari orang lain menimpanya, seperti fitnah, cemoohan, ejekan, dll. Tapi bapak tabah menjalani itu semua.

Karena uangnya sangat pas2an, seringkali bapak hanya mampu makan nasi dan tahu di warteg. Satu hari, pelayan warteg nanya: “koq makannya pake tahu terus mas?” Bapak cuma tersenyum santai, “Bosen makan ayam mbak.. di kampung Ibu saya masak ayam terus..” Padahal kenyataannya, bapak kekurangan uang. Malah dia harus minum sebanyak mungkin supaya cuma makan 2x sehari.

Setelah kuliah tingkat ke-2, Bapak pun melamar menjadi guru dan diterima. Disini, taraf hidupnya naik. Bahkan Bapak memberanikan diri membeli tanah dengan sistem cicilan. Di usia 23, Bapak melamar Ibu. Kuliahnya di UT terpaksa ditinggalkan dan nggak selesai karena Ibu ane ngga mau ditinggal kalo malem

Meskipun gaji seringkali kurang karena harus mencicil ke matrial untuk membangun rumah sederhana (dulu rumah ane lantainya tanah ), bapak nggak mau berhenti berusaha. Bapak pun memutuskan berwiraswasta. Profesi guru ditinggalkan karna Bapak ingin mengembangkan usahanya.

Jatuh bangun dalam berwiraswasta sudah dirasakan Bapak ane. Bapak pernah menjadi pengusaha bajaj , omprengan buruh pabrik, bando (aksesoris itu lho), bengkel, warung2, dll. Bapak sendiri nggak pernah membuka seperti apa pekerjaannya ke kami, anak2nya. Bapak selalu menegaskan, “tugas kamu cuma belajar! kalo kamu ga pinter, bapak yang malu!”

Satu hari pas ane SMA, ane buka2 lemari dokumen keluarga dan menemukan map yang diikat dan dibungkus rapih.. Pas ane buka, rupanya itu ijazah Bapak ganDia merahasiakan ijazah sekolahnya. Nilainya? Ancuuuur.. Sambil ngakak2, ane ledekin Bapak.. Tau apa jawaban bapak gan?

Bapak emang ga pinter.. Tapi bapak akan ngelakuin apa aja supaya anak2 bapak pinter2..

Ane nangiiis gan

Buat agan yang ngerasa hidupnya stagnan dan suram, liat tuh contoh bapak ane.. Sekarang, di usianya yang 47, bapak bisa tenang karna meskipun ga berlebih, ekonomi keluarga ane jauh dari kata kekurangan. Bapak udah pernah pny mobil sampe 4 biji mskipun skrg smua dijual krn ga ada yg bs nyetir . Bapak jg udah bisa beliin rumah bwt anak2nya mskpun sederhana. Dan yang paling bikin Bapak bangga, menurut Bapak sih, karna anak2nya pinter2 gan.. Ini rahasia bapak ane dlm meninggalkan lembah hitam kemiskinannya:
1. PELIT. Bapak pelit gan.. Ane minta 1rb perak aja ga dikasih dr dulu.. Tapi kalo udah berkaitan dgn sekolah, mau minta 1jt besok jg dicariin ama Bapak
2. GA NGEROKOK. Dulu waktu masih muda Bapak ngerokok, tapi pas udah merit Bapak berhenti ngerokok. Alesannya simple: rokok mahal
3. JUJUR.
4. KERJA KERAS dan NGGAK CEPET PUAS.
5. SHOLAT DHUHA dan TAHAJJUD! <== serius gan.. sesibuk apapun, Bapak selalu sholat dhuha dan tahajud, meskipun bacaannya blom fasih krn bapak dlu waktu kecil ga dikirim ngaji

SEMOGA CERITA BAPAK ANE INI MENGINSPIRASI YA GAN..

sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7717886

~ by muchammadelri on March 31, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: