Nabi Yunus AS

Nabi Yunus AS adalah seorang yang shaleh sejak masa kecilnya. Beliau suka berbuat baik dan tidak pernah lalai beribadah kepada Allah SWT sedangkan kaumnya adalah penyembah berhala.

Nabi Yunus AS diangkat menjadi Rasul pada usia 30 tahun. Selama 33 tahun Nabi Yunus berusaha menyeru kaumnya agar bertakwa kepada Allah, namun kaumnya tidak memperdulikannya kecuali hanya 2 orang saja yaitu Rabil dan Tanukh.

Suatu ketika Nabi Yunus AS menumpang sebuah kapal. Di tengah perjalanan datanglah angin topan yang sangat kencang sehingga hamper karam. Nahkoda kapal berpendapat bencana ini dikarenakan ada seorang pelarian yang naik ke kapalnya. Karena itu maka diadakan undian di antara para penumpang.

Setelah diundi samapi 3 kali, ternyata terus menerus Nabi Yunus AS yang mendapatkan undian. Maka Nabi Yunus AS pun mengaku sebagai seorang pelarian dan melompatlah ke laut. Kemudian seekor ikan paus menelannya., namun Nabi Yunus AS tetap hidup di dalam perut ikan tersebut selama 3 hari tanpa memperoleh makanan. Nabi Yunus AS menyadari kesalahannya karena beliau telah meninggalkan kaumnya sebelum mendapat perintah dari Allah SWT. Akhirnya Nabi Yunus AS jatuh sakit di dalam perut ikan kemudian ia berdo’a memohon ampun dan Allah mengampuni.

Dengan kekuasaan Allah, beliau berhasil keluar dari perut ikan dan terdampar di sebuah tempat yang gersang. Allah menumbuhkan sebatang pohon untuk tempat Nabi Yunus AS bernaung.

~ by muchammadelri on January 3, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: