Manfaat Baca Al-Qur’an dalam Pengembangan Kedewasaan Anak

Assalamu’alaykum wr.wb.

Ba’da tahmid dan shalawat serta salam sejahtera untuk kita semua…

internet marketing

Seperti kita ketahui, kondisi anak-anak saat ini sangat jauh berbeda dengan kondisi anak-anak di jaman dahulu. Faktor yang paling berperan dalam perubahan ini adalah media. Perkembangan media yang sangat pesat, menyebabkan anak-anak di jaman sekarang lebih cepat dewasa dibandingkan usianya. Ini sangat memprihatinkan, karena anak-anak kehilangan masa kecilnya.

Lihat saja, berbagai acara yang ditawarkan di program televisi umumnya ditujukan untuk kalangan remaja dan dewasa.  Acara-acara sinetron di televisi umumnya tidak mendidik, hanya menawarkan realita kehidupan nyata tanpa memberikan solusi  dan beberapa ada yang cenderung mengada-ada atau direkayasa. Bahkan kompetisi anak-anak semisal Idola Cilik pun yang dibawakan adalah lagu-lagu yang dikonsumsi remaja dan dewasa. Ini mendorong anak-anak untuk menjadi dewasa sebelum waktunya. Padahal di jaman dahulu banyak sekali artis cilik yang hingga kini tak lepas imej penyanyi ciliknya karena lagu-lagu bertemakan anak yang dulu mereka bawakan semisal Bondan Prakoso, Sherina Munaf, Joshua, dll.

okegratis.com

Menurut pengamatan saya secara langsung, tren perubahan sifat anak-anak dijaman sekarang lebih kearah negatif. Bisa jadi ini sebagai dampak anak-anak yang banyak mengkonsumsi program televisi tanpa ada pendampingan dari orang tua serta keinginan mereka untuk mengaplikasikannya dalam hidup mereka. Anak-anak sekarang lebih susah diatur sehingga orang tua lebih banyak mengalah kepada anaknya. Meningkatnya persentase remaja yang melakukan hubungan seks diluar nikah serta penggunaan obat-obatan terlarang menjadi bukti sahih tren tersebut. Selain itu, degradasi moral dan budi pekerti, semakin membudayanya praktik korupsi dan meningkatnya kriminalitas juga bisa dijadikan acuan dari tren ini.

Internet Marketing - Online

Sampai saat ini, saya masih mencoba mencari solusi praktis dan efektif untuk memutarbalikkan tren ini. Namun semakin lama semakin berpikir ternyata solusinya hanya satu, mengenalkan Al-Qur’an sejak dini kepada mereka dan kontinu. Ibarat membeli kendaraan yang disertai buku pedoman agar kendaraan digunakan dan dirawat semestinya hingga awet penggunaannya, begitu juga ketika kita ingin memiliki seorang anak hendaknya orang tua juga membaca buku pedomannya umat manusia yakni Al-Qur’an agar anak-anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholeha.

Tidak banyak dari kita memahami dan memaknai Al-Qur’an, sebagian dari kita hanya membatasinya dalam ruang lingkup religi. Padahal Al-Qur’an ini adalah rahmatan lil alamin yang mencakup pedoman kehidupan ini baik dunia kesehariannya maupun nanti di akhirat. Justru para cendekiawan dan ilmuwan muslim dijaman dahulu menjadikan Al-Qur’an sebagai referensi penelitian sehingga menjadi ilmuwan unggul, berkebalikan di masa sekarang dimana masih sedikit ilmuwan muslim yang seperti itu sehingga penemuan dan penelitian lebih didominasi ilmuwan barat.

Dukung Elri Sebagai Walikota Balikpapan 2026

Promosikan Halaman Anda Juga

Saya ingin membuat penelitian mengenai manfaat mengenalkan dan membaca Al-Qur’an secara kontinu dalam rangka pengembangan kedewasaan anak. Mungkin akan mengambil sampel di beberapa sekolah di Balikpapan. Ide ini sebenarnya uda cukup lama tapi karena padatnya aktivitas dahulu, entah tidak pernah terealisasi. Harapannya sekarang bisa mulai direalisasikan, sehingga kita dapat berkontribusi dalam mencetak generasi penerus, perubah dan pembaharu bangsa melalui individu-individu Qur’ani yang nantinya membentuk kesholehan sosial. Dukungan dan keterlibatan teman-teman insyaAllah akan berdampak positif untuk masa depan anak-anak kita. Bagi yang ingin memberikan kontribusinya, bisa menghubungi kontak saya dibawah ini.

mean_gl_bpp@yahoo.co.id / me80.mighty@gmail.com

muchammadelri.wordpress.com

facebook.com/Muchammad Elri II

twitter.com/muchammadelri

exclusivemails.net

Mohon maaf atas segala kekurangan, wassalamu’alaykum wr.wb.

~ by muchammadelri on August 24, 2010.

One Response to “Manfaat Baca Al-Qur’an dalam Pengembangan Kedewasaan Anak”

  1. Artikel yang bermanfaat..
    Blognya juga sangat menarik..
    Saya juga punya blog yang berisi pendidikan anak-anak..
    Ada:
    1. Lagu anak
    2. Artikel parenting (cara mendidik buah hati).
    3. Artikel pendidikan kreatif..
    4. Dongeng anak moral
    Kalau mau berkunjung ada di
    http://lagu2anak.blogspot.com
    Salam kenal..
    Mari bertukar link… (kak zepe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: