Untukmu Kader Da’wah FITB dan Geologi

Assalamu’alaykum wr.wb.

1426-1427 H

Tepat Agustus 2005, ane menginjakkan kaki pertama kali di Bandung khususnya di ITB. Entah dengan ikhtiar yg bagaimana, tapi Allah menakdirkan ane untuk kuliah di salah satu kampus terbaik bangsa. Betapa bersyukurnya mengingat hanya 4 orang dari sekolah ane yg diterima disini (mungkin kami termasuk pemrakarsa, sehingga semakin banyak di tahun2 berikutnya). Wajar saja, mengingat kami berasal dari sekolah daerah antah berantah yg masih termakan doktrin bahwa pelajar di daerah terlebih Kalimantan tidak mampu bersaing dengan pelajar dari pulau Jawa. Di masa-masa awal kampus, ane sempat terbentur oleh berbagai idealisme dan paham yang mengalir di kampus. Alhamdulillah, ternyata Allah yang Maha membolak-balikkan hati justru menautkan hati ane di Salman. Tiada hari tanpa ke Salman (sepertinya kelebihan sks nich, hehe…). Bisa dimaklumi, mungkin karena suasana di program studi yang kurang kondusif untuk berIslam, sehingga ane lebih berinisiatif untuk membangun pondasi dasar keimanan dan ketaqwaan ane. Berbeda dengan beberapa rekan ane di angkatan yang lebih dahulu berdakwah di program studi. Mungkin hanya beberapa orang saja yang peduli dengan dakwah di geologi (dapat dihitung dengan jari). Dakwah yang dilakukan di geologi hanya sebatas ta’lim kelas Gamais dan belum ada kordinasi intensif.

1427-1428 H

Ane yg selama setahun pertama lebih banyak mengabdikan diri di Gamais, masih melanjutkan petualangan di Gamais (Departemen Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Gamais). Tapi Alhamdulillah para ADK (Aktivis Da’wah Kampus) di Geologi mulai berinisiatif untuk membangun suasana keIslaman di program studi. Ada yang berjuang di Al-Jibaal dan Al-Kahfi (Kerohanian GEA). Mungkin belum terlalu signifikan, tapi setidaknya kami yang segelintir orang ini mulai bertukar mimpi dan harapan kami tentang indahnya Islam di Geologi. Ane mendapat banyak pelajaran selama menjadi staff di dept. FSLDK Gamais. Bagaimana cara membangun sebuah LDK, meningkatkan level LDK (Mula, Madya, Mandiri), hingga berbagai qadhaya di LDK, dsb. Ane pun sering mabit di berbagai masjid kampus (UIN SGD, LDK IPDN, LDK IKOPIN, STT Tekstil, FKDF Unpad dll). Bertukar pikiran dengan ikhwah-ikhwah kampus lain. Disamping itu, ane juga ada amanah di LDFIKTM.

1428-1429 H

Setelah 2 tahun masa-masa tadhrib amal sebagai jundi di berbagai wajihah kampus, bisa dibilang inilah masa-masa keemasan dari hasil kaderisasi. ADK Geologi mulai memegang amanah besar di berbagai wajihah kampus, sehingga dakwah di Geologi bisa dibilang semakin terkesampingkan. Ada yang menjadi Ketua KAMMI ITB, Menteri KM ITB, Ketua&pengurus UKM, Senator KM ITB,Pengurus UKA dll. Inilah masaku untuk memilih juga. Sempat ditawari untuk melanjutkan amanah di dept. FSLDK Gamais, tapi seorang Romzi Rio Wibawa (ex-Kepala Gamais 05-06, TA’03) menyarankan ane untuk mengaplikasikan apa yang ane dapat di FSLDK untuk diaplikasikan di wilayah. “Ujung Tombak Dakwah Kampus adalah Dakwah Program Studi”, begitu kata beliau yg hingga saat ini ane ingat. Karena dimanapun kita berorganisasi, sebagian waktu kita habiskan di program studi oleh karenanya penting untuk menimbul kenyamanan dan kondusifitas bi’ah keIslaman di prodi. Tiba-tiba saja Akh Alpandi Sentra GF’04 (Ketua LDFIKTM) meminta ane meneruskan perjuangan beliau di LDFITB dan Akh Fikri (MG’05) di LDFTTM mengingat kebijakan rektorat yang membagi FIKTM menjadi FITB dan FTTM. Awalnya ane ragu karena mungkin tidak ada ikhwah yg membantu di wajihah yg baru ini. Hanya saja seseorang menyadarkan dan membuka pemikiran ane bahwa inilah ladang amal terbesar ane, untuk membangun PERADABAN ISLAM DI TIMUR JAUH (istilah ADK ITB tentang FITB&FTTM yg kondisi keIslamannya sangat berbeda dibandingkan di zona lain). 2tahun berkutat di zona nyaman dan kondusif keIslamannya dan sekarang lah terjun ke dunia nyata. 2 Hal yg ane yakini ketika menerima amanah itu, pertama “wa man yataqillaha yaj’allahu makhrodja (barangsiapa bertaqwa, niscaya Allah akan memberinya jalan keluar)” dan “jika hanya satu orang yg berjuang di jalan Allah, maka itu adalah aku”.

1431 H

Ketahuilah ikhwahfillah, ketika menulis ini ane tengah menangis. Menangis merindukan para pelaku sejarah PERADABAN TIMUR JAUH, menangis merindukan kemenangan dakwah di TIMUR JAUH. Ketika ane menghadiri tasyakuran Al-Jibaal hari ini, ane sadari bahwa PERADABAN ISLAM TIMUR JAUH ITU SEDANG BERDIRI untuk menjadi suatu istana yang megah nantinya. Antumlah yang menjadi saksi hidup PERADABAN ini, para pelaku SEJARAH PERADABAN ini. Besok, tasyakuran LDFITB akan dilaksanakan. Semoga ini pun jauh lebih baik dibandingkan dimasa ane, bukan hanya dari segi besarnya dana yg diperoleh, namun kuantitas dan kualitas pun jauh lebih baik dibandingkan di masa ane. Jujur, ane malu menjadi kaum yg tergantikan tapi skaligus ane bangga bahwa antum lah kaum pengganti yg lebih baik dari ane dan kawan2 dimasa ane. Sungguh bantuan Allah t’lah datang dan mengijinkan hidupnya dakwah di TIMUR JAUH… Jangan pernah sia-siakan hidayah yg t’lah datang kepada kita… Siapapun yang membaca ini, maka yakinlah kalian bagian dari PERADABAN ini dan bertanggung jawab akan PERADABAN ini… Oia, mohon do’anya karena sembari menulis ini ane masih berjuang untuk hal yang lain (Tugas Akhir). InsyaAllah pertolongan Allah akan datang dan dimudahkan segala urusan ini dan setelahnya, amien… Wassalamu’alaykum wr.wb.

Muchammad Elri Abrian Noor

Geologycal Engineering @ Bandung Institute of Technology

muchammadelri.wordpress.com

muchammadelri.blogspot.com

facebook.com/muchammadelrii

twitter.com/muchammadelri

ruangmuslim.com/muchammadelri

~ by muchammadelri on August 13, 2010.

2 Responses to “Untukmu Kader Da’wah FITB dan Geologi”

  1. bersama2 kita berubah..
    bersama2 kita mngubah u/ mnjadi lebih baik dan meloncat lebih tinggi.
    amin…
    Allahuakbar……..

  2. Menjadi terharu ketika membaca tulisan dari Kang Elry…
    InsyaAllah perjuangan dakwah di TIMUR JAUH akan tetap dijaga.
    Mohon bimbingan dan nasihat2nya kang…

    Oh ya, sukses juga TA nya…
    Semoga cepat selesai.
    Amin…

Leave a Reply

 
