Tips Menulis Buku Best Seller-2

Internet Marketing - Online

7. KEKHAWATIRAN PENULIS

Penerbit “DARMAJI”

Menurut penerbit, buku anda dicetak 2000 exp. Jumlah sebenarnya mungkin 3000 exp. Selisih 1000 buku itu biasa digunakan untuk etalase, sample, penggantian buku rusak, kehilangan, doorprize, souvenir, promosi,
cadangan buku habis dan resiko lain.

Wajar jika berprasangka penerbitnya ‘Darmaji’ (Beredar Lima ngaku Siji) karena penulis tidak bisa memantau penjualan buku di setiap toko buku di Indonesia bukan?. Misal buku anda laku 5000 exp, tetapi laporan ke penulis hanya 1000 exp. Penulis tidak bisa berbuat atau menuntut apa – apa karena tidak ada buktinya. Tapi anda tidak usah khawatir karena rezeki itu di tangan Allah bukan di tangan penerbit. Rupiah yang tidak diberikan kepada anda tidak akan hilang meski penerbit menipu anda. Balasan bagi anda mungkin bukan dalam bentuk royalti tapi dari sumber yang tidak anda duga, atau berupa ketenangan hati, kesehatan, keceriaan, nama baik dll. Intinya rezeki anda tidak akan berkurang karena Allah maha melihat dan maha Adil. Anda percaya?

Positioning

Sebagai penulis atau penyanyi yang dibayar penerbit atau produser, otomatis posisi anda dibawah penerbit. Oleh karena itu buat hubungan yang baik dengan penerbit. Jangan mentang – mentang sudah menjadi penulis terkenal, anda menjadi sombong dan meremehkan penerbit. Penulis dan penerbit ibarat suami istri yang menjalankan tugas berbeda untuk mencapai tujuan yang sama. Begitu pula sebaliknya, penerbit seharusnya menghargai upaya penulis yang aktif memperbaiki dan mempromosikan bukunya.

internet marketing

Penulis Menjadi Penerbit

Mungkin saja penulis menjadi penerbit, tapi anda harus siap dengan seluk beluk bisnis penerbitan yang sangat berbeda dengan kegiatan menulis. Dengan demikian waktu anda menulis akan tersita dengan urusan administrasi
dan bisnis.

8. SASARAN SEGMEN PEMBACA
• Spesifik. Sebelum menulis, tentukan siapa saja sasaran pembaca buku anda. “Semua orang” adalah tidak mungkin, karena anak balita tidak mengerti buku anda yang membahas (misal) pemrograman PHP. Tentukan usia segment pasar lebih spesifik misal: usia remaja, usia dewasa, pelajar, mahasiswa, karyawan, pengusaha atau hobbies. Jika segmen yang dituju sudah jelas, anda bisa menggunakan gaya bahasa dan kasus yang sesuai.
• Tidak SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Misal anda menggunakan foto anak, istri dll yang sedang shalat atau mengaji. Maka umat yang tidak seiman enggan mempelajari buku anda atau sebaliknya.
• Tidak Narsis. Jika anda membuat buku kasus – kasus di Adobe Photoshop, jangan menggunakan foto anda atau keluarga sendiri, karena berkesan pamer diri sendiri (narsis) yang membuat orang lain ‘sebal’ dengan anda.
•Kasus Netral. Daripada menonjolkan simbol Golongan, Ras, Agama atau merek tertentu. Lebih baik yang netral saja seperti: pemandangan alam, binatang, alat kantor atau ilustrasi abstrak. Kalau mau pakai foto orang, bisa orang luar negeri, foto model, selebriti atau bayi.
9. TIPS MENANGKAP IDE
•Di sekeliling kita sebenarnya banyak ide yang bisa diambil. Hanya saja kita secara tidak sadar sering melewatkan informasi tersebut.
• Setelah kita mendapat ide, segera tulis ide tsb di buku notes, bungkus makanan, handphone, kertas di tembok dll.
• Pindahkan catatan kecil tsb ke satu tulisan di komputer
• Setelah catatan cukup banyak, anda bisa menyusunnya mulai materi yang paling sederhana sampai paling rumit. Tulisan tersebut adalah kerangka buku anda.
•Saatnya adalah sekarang. Jika anda ada kesempatan, gunakan waktu tsb untuk menulis, terlalu lama atau sering menunda maka mimpi anda akan terkubur selamanya. Now is the Time!
•Minta pendapat orang lain, penerbit, penulis atau orang yang kompeten tentang materi anda, untuk mendapatkan masukan atau kritik kerangka penulisan yang anda buat.
• Dalam hal tertentu salah adalah emas, benar adalah berlian, yang tidak berharga adalah tidak berbuat apa-apa. Jangan takut berpendapat atau berkesimpulan di buku anda. Seiring berjalannya waktu dan ilmu anda, kemungkinan pendapat tsb akan anda revisi / perbaharui sendiri.

10. TIPS PEMILIHAN JUDUL

a. Hindari Mencantumkan Versi

Misal judul buku anda adalah “Fotografi Digital menggunakan Photoshop CS2”. Maka orang yang menggunakan Photoshop 7, CS, CS3 merasa tidak terwakili dengan buku tsb. Padahal fitur yang anda gunakan di Photoshop CS2
masih ada di versi sebelumnya. Jika muncul photoshop versi baru, otomatis buku anda basi, ketinggalan jaman dan tidak laku meski materinya bisa digunakan di photoshop versi terbaru. Sebaiknya versi dicantumkan jika memang membahas fitur baru di versi tersebut, misal berjudul “Fitur Baru Adobe Photoshop CS2 untuk Fotografi Digital”.

b. Perluas Segmen Pasar

Untuk membuat skripsi / tesis atau kebutuhan akademis, judul harus dibatasi agar sesuai inti permasalahan. Tapi untuk bisnis buku, hal tersebut akan membatasi segmen pembaca sehingga umur buku tidak lama dan hanya dibeli kalangan terbatas. Misal “Membuat motif dasi dengan coreldraw X3”. Berapa banyak sih yang berminat mendesain dasi? Coba perluas judulnya menjadi: Aplikasi Coreldraw untuk fashion atau Membuat desain distro menggunakan Coreldraw. Maka sasaran pembeli buku anda lebih luas dari desainer dasi menjadi kalangan fashion atau distro.

Vote Muchammad Elri “ME80” for Nike “The Chance” Indonesia

Promosikan Halaman Anda Juga

c. Hindari Judul Yang Terlalu Panjang

Misal: “Memanfaatkan internet untuk mencari kerja, karir dan bisnis”. Sebaiknya dipersingkat menjadi “menghasilkan uang di Internet”. Jika tetap ingin mencantumkan kata – kata yang dianggap penting, anda bisa menyimpannya di sub judul. Misal “Flash untuk kreasi animasi, grafis, multimedia, game edukasi”. Karena judul terlalu panjang dan tidak fokus, coba ubah menjadi “Kreatif dengan Flash” dengan subjudul kecil dibawahnya : “Animasi | Grafis | Multimedia | Game | Edukasi”

d. Hindari Panduan Lengkap

Misal “Panduan Lengkap Excel 2007”. ‘Lengkap’ atau komplit adalah 100%, jika hanya 99% artinya ‘hampir lengkap’. Untuk membuat buku ‘lengkap’ tidak mungkin dibahas dalam buku tebalnya 300 halaman. Diperlukan ribuan halaman agar menjadi lengkap seperti kamus. Jika buku tersebut lengkap seharusnya pembaca tidak akan membeli buku ‘Excel’ lain untuk mendapatkan materi lain bukan?

e. Hindari Janji Dengan Angka Pasti

Misal “36 Jam Menguasai AutoCAD”. Setelah dipraktekkan ternyata bukan 36 jam tapi 36 hari. Target 36 jam tidak tercapai mungkin karena materi sulit dimengerti atau kecerdasan pembaca berbeda dengan si penulis yang jenius.
Pembaca akan kecewa karena janji pada judul tidak sesuai. Lebih aman judul bersifat relatif / tanpa angka, misal “Tutorial Ringkas dan Jelas 3D Studio Max” atau “Mudah dan Cepat menggunakan 3D Studio Max”

f. Pilih Kata Yang Impresif
Misal “Tuntunan Desain Web ”. coba tambahkan kata – kata impresif / heboh seperti : “Trik Jitu Desain Web”, “Desain Web itu Mudah!”, “Cara Cerdas mendesain Web”, “Kupas Tuntas Web Desain” ,“The Magic of Web Design’ dll.

Desain cover sangat mempengaruhi penjualan. Pertama kali orang melihat buku karena desain covernya, selanjutnya judul lalu materinya. Ketertarikan pembeli bisa karena judul yang unik, illustrasi yang menarik atau layout yang

11. SAMPUL ATAU COVER BUKU

a. Desain Grafis

Desain cover sangat mempengaruhi penjualan. Pertama kali orang melihat buku karena desain covernya, selanjutnya judul lalu materinya. Ketertarikan pembeli bisa karena judul yang unik, illustrasi yang menarik atau layout yang eye catching.

b. Ilustrasi Gambar Yang Kreatif

Selain segi artistik (warna, komposisi, proporsi dll), bisa juga dengan ‘ide gila’, misal gambar orang sedang memancing di awan, sepatu berisi tanaman. Manusia berkepala dunia dll. Perlu kreatifitas tinggi untuk menciptkan ilustrasi
tersebut.

c. Judul Yang Kreatif
Hal ini telah dibahas di bab sebelumnya.
d. Sinopsis Penuh Informasi

Setelah memengang buku kita, calon pembeli akan membaca cover depan lalu
cover belakang dari huruf terbesar sampai terkecil. Di cover depan dan
belakang berikan informasi sebanyak-banyaknya sehingga buku terkesan
banyak dan padat materi. Karena banyaknya yang harus dibaca, dia tidak
sempat membacanya di toko buku. Terpaksa buku tersebut dibawa ke rumah
alias dibeli!

e. ‘Magic’ Words

Kata – kata yang selalu disenangi calon pembeli adalah ‘Gratis’ dan ‘Bonus’. Kata-kata ajaib ini sangat ampuh untuk meningkatkan pembelian. Meskipun semua orang tahu bahwa sesuatu yang gratis dan bonus sudah termasuk ongkos produksi.

f. Punggung Buku
Bagian ini biasanya tidak terlalu diperhatikan desainer cover buku, karena terlalu fokus pada cover depan. Kadang di toko buku buku dipajang hanya terlihat punggung / samping buku saja, sehingga cover tidak terlihat. Oleh karena itu perlu desain yang menarik pada punggung buku.

g. Connect to Content

Tentu saja cover yang bagus tetapi isinya tidak sesuai dengan cover akan membuat pembeli kecewa. Sampulnya sih bergambar rendering manusia 3D ala ‘final fantasy’, tapi isinya sih cuma bikin teko atau paling banter kereta kayu. Sebaiknya cover buku tersebut juga bergambar kereta kayu atau ilustrasi abstrak untuk amannya.

okegratis.com

h. Book Link

Tampilkan juga iklan buku anda yang lain (kalau ada) di cover belakang. Agar pembeli mencari informasi buku tersebut.

12. PROMOSI

Media Promosi

Setelah buku dicetak, tahap berikutnya adalah promosi agar penjualan meningkat. Beberapa strategi promosi yang bisa diterapkan antara lain:
• Media Cetak & Elektronik. Seperti Brosur, Koran, Majalah, Radio, Televisi dll. Tentu saja media ini mempunyai dampak yang besar pada publik. Untuk masuk ke dalam media tersebut memerlukan biaya besar juga. Jika anda mempunyai akses ke media atau teman wartawan bisa memanfaatkannya.
•Website atau Blog. Agar (calon) pembaca buku bisa tahu lebih jauh tentang karya dan diri anda, buatlah website pribadi komersil (dot com). Jangan web atau blog gratisan karena akan mengurangi kepercayaan pengunjung. Untuk berjualan buku gunakan website berakhiran com, untuk membuka forum diskusi atau tulisan kecil lebih cocok gunakan blog. Anda bisa menggunakan keduanya. Cantumkan biografi, cerita pribadi, foto prestasi & keluarga anda agar anda lebih dikenal akrab.
• Events: Seminar, Pameran, Diskusi, Workshop, Wawancara radio dll. Penulis harus siap pada acara tersebut untuk meyakinkan kehebatan buku anda. Namun banyak penulis yang ketakutan tampil depan umum karena takut tidak bisa menjawab pertanyaan, masa lalu yang suram, latar belakang kurang baik, kurang diplomatis dll. Jika anda beranggapan bahwa penulis adalah tahu segalanya, tidak boleh salah, diplomatis dll, berarti penulis tsbJ a’im (Jaga Image). Jujur adalah kata kunci, ingat tujuan anda sharing ilmu bukan menggurui.
•Accesories: Kartu Nama, Bros, Pin, Gantungan Kunci, Kalender, Stiker dll.
Pernak –pernik tersebut diperlukan untuk korespondensi, doorprize, bonus,
cindera mata sekaligus alat promosi.
Strategi Promosi
•Isu : Sebelum buku terbit siapkan dulu covernya agar bisa dipublikasikan di internet, mulut ke mulut dll. Maka orang akan penasaran dan bertanya tentang buku tersebut (meski buku tersebut baru rampung 50%). Jika buku telah terbit anda bisa publikasi ulang. Jika terlalu semangat promosi tetapi buku belum terbit juga, bisa – bisa anda dicap tukang gossip alias penipu.
•Road Show: Penulis dan EO (Event Organizer) anda mengadakan acara keliling berupa seminar atau workshop ke sekolah – sekolah. Biaya bisa diperoleh dari penerbit, sponsor atau peserta.
• Komunitas: Ada baiknya anda bergabung dan aktif pada komunitas (offline dan online) yang berhubungan dengan topik buku anda. Misal klub gamer, klub linux, klub animator, klub fotografi dll.
• Buat artikel pendek di majalah komputer ternama. Sebagian kecil materi buku anda bisa dikirim ke tabloid atau majalah komputer. Anda akan mendapat honor jika tulisan dimuat sekaligus meningkatkan popularitas
•SEO (Search Engine Optimation). Pengguna Internet 85% mendapatkan infomasi di search engine seperti Google, Yahoo!, Altavista, MSN dll. Anda harus mengoptimalkan website anda agar bisa dilacak pada halaman awal Google, Yahoo dll. Anda harus daftar / submit ke search engine tersebut.
•Keep on Touch alias anda harus siap menanggapi pertanyaan pembaca. Hal tersebut adalah bentuk dari pelayanan after sales.
Penulis Adalah Artis

Penulis bisa dianalogikan sebagai Artis penyanyi atau Group Band yang membuat album lagu. Supaya albumnya laku, lagunya harus mudah dicerna dengan sebuah lagu andalan yang dijagokan. Sampul albumnya juga harus menarik dan mewakili lagunya. Lebih top lagi jika membuat video klip, tampil di TV, festival musik sampai Road Show. Agar urusan seni dan bisnis tidak campur aduk, perlu seorang manajer yang dekat dengan anda dan bisa dipercaya seperti orang tua, saudara, profesional dll. Tak usah gengsi menjadi band pembuka untuk band yang sudah ngetop untuk mendompleng popularitas. Puaskan penggemar anda dengan foto bareng, tanda tangan dll. Jika sudah terkenal buatlah album kedua dst. Lalu bersiaplah menjadi Superstar!

Begitu pula penulis, anda harus membuat buku yang mudah dimengerti dan harus menarik pada bab pertama. Sampul /cover buku harus mewakili isi bukunya dan menarik pembeli. Agar buku cepat laris, anda harus mengadakan acara bedah buku, seminar, diskusi, workshop, pameran, wawancara dll. Untuk urusan bisnis bisa minta bantuan orang terdekat anda, penerbit atau event organizer. Puaskan pembaca anda dengan foto bareng, tanda tangan, balasan e-mail dll. Tidak ada salahnya mendompleng penulis atau pakar untuk meningkatkan popularitas dan penjualan. Setelah belajar dari pengalaman anda bisa membuat buku kedua dst, dan bersiaplah untuk menjadi kaya dan terkenal!

exclusivemails.net

13. REVISI

Pesatnya perkembangan software dan hardware membuat buku komputer cepat basi. Buku anda pun selalu ada kesalahan meski sudah diperiksa berulang kali, oleh karena itu perlu ada edisi revisi. Sebelum dicetak ulang biasanya penerbit meminta anda untuk revisi. Anda bisa saja memutuskan untuk cetak ulang, tetapi resikonya penjualan buku terus menurun dan akhirnyad iscont inue. Otomatis royalti anda pun berkurang bukan? Biasanya penjualan buku terbaik pada 6 bulan pertama sejak terbit. Untuk mengantisipasinya, jauh-jauh hari siapkan materi tambahan, perbaikan dan desain sampul / cover baru agar pasar kembali bergairah sehingga royalti anda kembali meningkat. Dengan demikian penulis tidak bisa santai setelah bukunya terbit, kecuali jika rela menerima royalti yang semakin kecil. Sebagai penulis, proyek dan pekerjaan lain hanyalah sarana lain untuk menghilangkan kejenuhan menulis.

Jika buku anda laris manis (best seller) dan selalu ditunggu dan dicari (most wanted) pembaca setia, maka Passive income / royalti sebagai penulis, jauh lebih besar dibanding proyek atau pekerjaan anda sebelumnya.

14. DOA

Setelah segalanya anda kerjakan dengan sempurna, maka tidak ada yang bisa anda kerjakan selain memohon kepada Tuhan agar diberi yang terbaik. Jika buku anda ternyata sukses di pasaran atau best seller, jangan lupa bersyukur dan berterimakasih kepada-Nya dan jangan lupa menzakatkan sebagian royalti anda. Jika buku anda jeblok di pasaran alias tidak laku, mungkin hal ini adalah yang terbaik.Lho koq ‘tidak laku’ dibilang terbaik? Tuhan Maha Tahu apa yang akan terjadi. Mungkin jika anda kaya dan terkenal, perilaku anda menjadi kikir, sombong dan boros dan harta anda dibelanjakan pada hal-hal yang tidak bermanfaat. Sehingga hal tersebut bisa membuat celaka. Dengan mengalami
kegagalan, anda mendapatkan banyak pelajaran yang berharga.

15. KESIMPULAN

Wah ternyata menjadi penulis buku komputer best seller itu tidak semudah yang dibayangkan ya? Usaha yang anda tempuh melibatkan penuh kekuatan otak, hati, otot dan do’a. Hasil dari prosesnya tersebut mungkin bisa dirasakan bertahun-tahun kemudian. Pokoknya total seluruh jiwa raga dikerahkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Tips: Bagi anda yang mengharapkan uang cepat atau gaji tetap sebaiknya jangan coba-coba jadi penulis. Kalau mau uang banyak secara gampang tapi ga banyak usaha, mendingan ikut undian berhadiah, korupsi atau nunggu warisan aja, OK! He..he..he…******</

Dukung Elri Sebagai Walikota Balikpapan 2026

Promosikan Halaman Anda Juga

~ by muchammadelri on June 12, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: