Entering ITB…

Jujur, gak pernah terpikir dibenak gue hingga saat ini bahwa gue bisa kuliah di Institut Terbaik Bangsa (ITB).. Bahkan hingga di penghujung karier “mahasiswa” gue, gue masih gak percaya…

Masih teringat di suatu bulan Juli 2005, ketika gue baru “menikmati” masa-masa perpisahan SMA, nasib gue sedemikian terkatung-katungnya….Entah kenapa, gue merasa sangat optimis dengan masa depan yang akan gue lukis pasca SMA itu meskipun semua lukisan itu masih buram belum berwarna, hanya sekedar corat-coret kasar… Terbayang, ketika gue ditemani bokap ke Samarinda untuk mendaftar SPMB. Menginap 3 hari di salah satu kos tempat paman, dan pada malam sehari sebelum tes SPMB justru gue diajak paman jalan-jalan di Samarinda Expo. Unbelieveable!!! Dengan minimnya persiapan dan berbagai keterbatasan pengetahuan menjelang SPMB, gue pun tetap dengan keoptimisan gue. Tepat pada hari-H, entah mengapa segalanya menjadi mudah. Mudah dalam mengerti soal, namun tidak dalam mengerjakan. Edannya, gak ada satu pun soal yang tidak gue isi. Bermodal nekat dan “nothing to lose”, gue mengerjakan semuanya tanpa beban. Selepas hari-H, semuanya plong di pikiran gue. Gak ada yang gue pikirkan karena ikhtiar gue uda maksimal.

Hari-hari berikutnya hanya do’a yang senantiasa terhanturkan kepada Allah SWT, bukan berharap untuk bisa masuk di pilihan pertama (FK UI), pilihan kedua (T.Geologi ITB), atau pilihan ketiga (Manajemen Unmul) melainkan gue meminta agar diberikan yang terbaik oleh Allah SWT untuk masa depan gue. Selain itu, gue juga meminta agar gue diberi ketabahan apabila hasilnya nanti mengecewakan. Jujur, masa-masa penantian itu sungguh sangat menggusarkan hati. Ga enak banget rasanya jadi pengangguran pasca SMA ini. Menanti pengumuman kelulusan sekolah dan SPMB.

Di pertengahan Agustus 2005, sehari menjelang pengumuman hasil SPMB timbul gejolak dan kegelisahan dalam diri yang amat sangat yang gak pernah gue rasakan sebelumnya. Sebenarnya ingin melihat melalui internet, tapi koq jaringan sibuk banget sampe gagal mulu. Ternyata salah satu sepupu yang sehari sebelumnya uda menanyakan kepada nyokap tentang nomor ujian gue, menghubungi nyokap via telepin dan memberi tahu bahwa gue lulus dengan nomor kode ******* yang begitu gue cek, ternyata itu jurusan TEKNIK GEOLOGI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG. Gue pun serta merta langsung sujud syukur dan menangis haru mengetahuinya. Jujur saja, dengan ikhtiar gue yang asal-asalan dan seadanya, Allah memberikan gue kesempatan untuk mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi terbaik bangsa ini. Gue yakin sepenuhnya bahwa hasil itu SANGAT TIDAK SEPENUHNYA perjuangan gue, namun adalah KREASI dan TAKDIR yang dituliskan Allah SWT kepada gue….

Thank you Allah, beribu-ribu nikmat telah Engkau berikan kepadaku, entah bagaimana cara membalasnya… Aku yakin semua yang diberikanNya adalah yang kubutuhkan dan jalan terbaik untukku….

written by:

Muchammad Elri Abrian Noor (ME80)
Geologycal Engineering @ Bandung Institute of Technology
muchammadelri.wordpress.com
muchammadelri.blogspot.com
me80.mighty@gmail.com / mean_gl_bpp@yahoo.co.id

~ by muchammadelri on June 1, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: